TIRAKATAN

Nasi Tumpeng pada malam Tirakatan


Jika di tinjau berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) TIRAKATAN berasal dari kata dasar tirakat. Tirakatan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga tirakatan dapat diartikan sebagai suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Warga Dusun Kedungpoh Lor menjadikan momentum Tirakatan ini untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan Indonesia yang telah gugur di medan perang. Acara Tirakatan biasanya dilangsungkan pada malam hari yaitu tepat pada tanggal 16 Agustus 2019 yang bertempat di Balai Dusun Kedungpoh Lor. Kegiatan berlangsung khidmat, hal ini dikarenakan pada puncak acara diisi dengan cerita bagaimana Bangsa Indonesia dibentuk dengan darah, keringat, keberanian, serta ketangguhan para pahlawan yang telah berani mengibarkan sang saka merah putih dengan mengusir para penjajah dari bumi pertiwi. Warga Kedungpoh Lor pun mendengarkan cerita perjuangan dengan antusias dan penuh rasa haru oleh Bapak Arief Setiadi selaku Anggota DPRD Provinsi DIY.
Selain acara TIRAKATAN, pihak Karang Taruna Eka Sakti Putra Kedungpoh Lor juga menyelenggarakan perlombaan Hias Tumpeng antar Rukun Tetangga (RT). Maksud diadakannya lomba tumpeng yakni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus menjadikan suatu ajang silahturahmi. Perlombaan tumpeng yang diadakan pada malam Tirakatan diikuti oleh 4 Rukun Tetangga (RT). Disamping itu, pada malam tersebut juga diselenggarakan pembagian hadiah terkait perlombaan tujuh belas Agustus yang telah dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus hingga 16 Agusutus 2019 bertempat di lapangan volly Dusun Kedungpoh Lor. Macam perlombaan meliputi lomba sepeda lambat, lomba make up dengan mata tertutup, pertandingan volly kategori bapak-bapak, ibu-ibu serta pemuda. Selain itu juga ada perlombaan sumpit kacang, balap karung, makan kerupuk, dan lain-lain. Selama pembagian hadiah, warga Dusun Kedungpoh Lor baik itu bapak-bapak, ibu-ibu, serta anak-anak tampak antusias mendengar pengumuman sang pemenang lomba, terlebih lagi sangat antusias saat akan umumkan doorprize.


Sarasehan malam tirakatan


Tidak hanya acara TIRAKATAN dan Pembagian hadiah lomba tujuh belas Agustus saja, namun pada kesempatan yang sama, juga diadakan musyawarah antar warga Dusun Kedungpoh Lor atau yang biasa disebut dengan sarasehan. Pokok pembahasan yang dibicarakan yaitu membutuhkan masukan-masukan untuk membangun Dusun lebih baik lagi. Adapun dua hal yang menjadi masukan dari hasil musyawarah tersebut yaitu terkait perlombaan Kampung Sehat serta Kampung Iklim yang akan diadakan dalam waktu dekat ini yaitu pada akhir September dan bulan Oktober. Setelah diadakannya musyawarah terkait dengan perlombaan yang akan datang, diharapkan setiap warga Dusun Kedungpoh Lor ikut berpartisipasi pada perlombaan sehingga nantinya acara berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan.


Foto Bersama Karang Taruna Eka Sakti Putra Kedungpoh Lor dengan Mahasiswa-Mahasiswi KKN 040 UMY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]