KELOMPOK TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DUSUN KEDUNGPOH LOR

Struktur Organisasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) Dusun Kedungpoh Lor

            TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) merupkan tanaman yang bisa ditanam atau dibudidayakan di pekarangan rumah dan memiliki banyak manfaat yaitu sebagai jamu dan obat herbal tradisional. Melalui program pemanfaatan tanaman obat keluarga atau yang biasa disebut dengan TOGA. Sebagian dari anggota ibu-ibu PKK yang ada di dusun Kedungpoh Lor ini ikut memberdayakan TOGA, kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Toga dusun Kedungpoh Lor ini yaitu menanam tanaman yaitu antara lain Jahe, Temulawak, Sereh, Kunyit, Merica, dll.
Pada awalnya DUSUN KEDUNGPOH LOR ditunjuk sebagai perwakilan desa karena banyak dari warganya sudah menanam TANAMAN OBAT KELUARGA di ladang rumah masing-masing. Dari hasil penanaman tanaman obat tersebut, ternyata warga merasa terbantu baik dalam hal kesehatan maupun ekonomi. Warganya yang mendapatkan penghasilan dari penjualan tanaman obat keluarga yang di tanam dimasing-masing rumah. Pada tahun 2015 Dusun Kedungpoh Lor meraih penghargaan sebagai juara 3 tingkat Nasional tanaman obat keluarga, dan meraih pencapaian juara 1 untuk tingkat provinsi. Setelah mendaptkan banyak penghargaan dari pemanfaatan tanaman obat, 3 tahun kemudian tepatnya pada tahun 2018 Dusun Kedungpoh Lor ini membangun Taman Tanaman Obat Keluarga.  
Pada saat ini pengembangan pemanfaatan TOGA masih banyak ditujukan kepada pada aspek penanaman di masing masing rumah warga dengan menanam tanaman obat seperti jahe, sereh, dan merica.Untuk pemanfaatan jamu yang dilakukan KELOMPOK TANAMAN OBAT KELUARGA ini sendiri juga memiliki kendala, sebab ada beberapa tanaman yang sulit dicari untuk kemudian dijadikan satu komposisi jamu sehingga hal tersebut menjadi hambatan. Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang tanaman obat keluarga sendiri sangat penting bagi kesehatan dan juga hal ini dapat meningkatkan taraf perekonomian khususnya anggota dari Kelompok TOGA Kedungpoh Lor, Gunung Kidul. Pada Kelompok TOGA yang ada diDusun Kedungpoh Lor ini sendiri memiliki struktur organisasi yang terdiri dari :
Kegiatan yang rutin dilakukan oleh KELOMPOK TANAMAN OBAT KELUARGA DUSUN KEDUNGPOH LOR antara lain: membuat jamu instant dari  kunyit, temulawak, dan daun sirsak. Kemudian hasil pengolahan atau budidaya tanaman tersebut kemudian dipasarkan/dijual ke warga sekitar. Kelompok Toga dusun Kedungpoh Lor ini sendiri juga sering mengadakan pertemuan arisan tanggal 15 di setiap bulannya. Kelompok Toga ini juga berencana meluncurkan inovasi baru yaitu dengan membuka Klinik TOGA dan juga Kedai TOGA. Inovasi ini juga di dukung oleh salah satu dokter dari puskesmas Nglipar yang sudah teruji sebagai dokter dengan pengobatan herbal. Selain itu dari segi waktu penanaman yang dilakukan oleh kelompok TOGA Dusun Kedungpoh Lor yaitu dilakukan pada musim penghujan kemudian pada tahap memanen tanaman dilakukan pada saat musim kemarau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]