DUSUN KEDUNGPOH LOR
 

Balai Dusun Kedungpoh Lor

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang terkenal akan destinasi wisatanya, setelah Bali dan Lombok. Setiap sudut Kabupaten memiliki potensi wisata masing-masing, salah satunya Kabupaten Gunung Kidul. Destinasi pariwisata Gunung Kidul yang paling banyak didatangi oleh wisatawan  antara lain wisata Pantai. Namun, pihak pemerintah memiliki suatu program yang mana nantinya destinasi wisata Gunung Kidul tidak hanya melulu berpusat wisata Pantai, tapi juga akan menonjolkan kebudayaan setempat serta mengembangkan wisata non pantai, seperti embung Bathara Sriten, hingga green village di Gedangsari, dan sebagainya. Potensi wisata non pantai yang saat ini dicanangkan oleh pemerintahan Gunung Kidul berusaha dikembangkan pada tiap-tiap daerah, salah satunya daerah yang menyimpan potensi besar yaitu DUSUN KEDUNGPOH LOR.
Kedungpoh berasal dari bahasa jawa yang terdiri dari dua kata yaitu Kedung dan Poh. Kedung artinya sungai, sedangkan Poh bermakna nama pohon.  Sungai yang dimaksudkan merupakan sebuah sungai yang berada di Padukuhan Kedungpoh Kidul. Mulanya, pada zaman dahulu terdapat kedung yang cukup luas dan banyak terdapat ikan-ikan didalamnya, Di bagian sebelah barat dari Kedung tersebut terdapat sepohon kayu besar yang memiliki daun rimbun serta lebat, dikarenakan hal tersebut suasana di lingkungan Kedung menjadi lebih sejuk, teduh, dan nyaman. Pohon besar yang dimaksdu yaitu Pohon Poh. Desa Kedungpoh sendiri terbagi menjadi 10 Padakuhun, salah satunya yang terkenal akan potensi wisata non pantainya yaitu KEDUNGPOH LOR.
Secara geografis Dusun Kedungpoh Lor terletak pada 7O51’41.0” LS 110O36’47.0” BT. Kedungpoh Lor berbatasan langsung dengan Dusun Kedungpoh Kidul di bagian selatan, Dusun Kedungpoh Kulon di bagian Barat, bagian Timur berbatasan dengan Dusun Sinom, dan yang terakhir bagian Utara berbatasan dengan Gedang Sari. Kedungpoh Lor dipimpin oleh Bapak Tri Marsudi selaku Kepala Dusun. Jarak dari Pusat Kabupaten ke Dusun Kedungpoh Lor kurang lebih 13 Km, sedangkan luas dusun kedungpoh lor berkisar……………..
Secara keseluruhan, DUSUN KEDUNGPOH LOR memiliki jumlah Kepala Keluarga sebanyak 173 KK yang terbagi menjadi 4 RT. Penduduk Dusun Kedungpoh Lor, mayoritas bermata pencaharian sebagai Pedagang Keliling dan Petani. Kegiatan pertemuan ataupun musyawarah biasanya dilakukan di Balai Dusun Kedungpoh Lor. Disamping dari itu penyediaan fasilitas publik yang diberikan kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan telah dapat dikatakan sudah mempuni, ini dikarenakan di Dusun Kedungpoh Lor terdapat Sekolah Dasar (SD), Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), serta SMP.
Di dalam dinamika pengembangan DUSUN KEDUNGPOH LOR sebagai Dusun sadar wisata, terdapat beberapa Organisasi masyarakat yang diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Dusun Kedungpoh Lor, yakni; Tim Penggerak PKK, Posyandu, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Kelompok Petani Madu, Karang Taruna, Kelompok Wanita Tani, Kelompok Tanaman Obat Keluarga (Toga), Karawitan dan lain-lain.

Struktural Dusun Kedungpoh Lor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]